Prodi Ilmu Politik

A. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Ilmu Politik

Visi Program Studi Ilmu Politik adalah:

Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan ilmu politik yang berpihak kepada kepentingan dan kebutuhan masyarakat lokal, nasional maupun internasional pada tahun 2020.

Misi Program Studi Ilmu Politik adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan ilmu politik dengan menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki sikap akademik dan profesional, unggul kompetitif, maupun dalam memimpin dan mampu memecahkan berbagai masalah.

  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian untuk mengembangkan Ilmu Politik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional maupun internasional.

  3. Menciptakan atmosfer akademik dan masyarakat intelektual dalam bidang ilmu politik untuk menunjang terciptanya good governance.

  4. Menyelenggarakan manajemen pendidikan yang modern, efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

Tujuan Program Studi Ilmu Politik

Dalam mencapai visi dan misi tersebut, Program Studi Ilmu Politik mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas proses pendidikan serta mempersiapkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di pasar kerja baik lokal,nasional maupun internasional.

  2. Meningkatkan kualitas penelitian politik dan pengabdian yang relevan dan aplikatif bagi pengembangan sumber daya secara berkelanjutan.

  3. Meningkatkan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis dan egalitarian antar dosen dan mahasiswa baik dalam kegiatan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dengan terciptanya good governance.

  4. Terjalinnya kerjasama kemitraan yang profesional untuk pengembangan keilmuan serta aplikasinya baik dengan pihak pemerintah maupun swasta.

  5. Terselenggaranya manajemen pendidikan yang modern, efektif, efisien, akuntabel dan transparan di tahun 2020.

Nama-Nama Dosen Program Studi Ilmu Politik

No. Nama Dosen
1 Dr. H. Mat Syuroh, MM., M.Si
2 Dr. H. Mudasir, M.Si
3 H. Syaparman, SE., M.Si
4 Ade Indra Chaniago, SE., M.Si
5 Ardiansyah, S.IP., M.Si
6 Ihsan Jauhari, SE., M.Si
7 M. Yunan Helmi Ghozali, S.IP., M.Si
8 Timbuan, S.IP. M.Si

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Politik

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS DESKRIPSI
Hurup Angka
SEMESTER I
1 Pengantar Ilmu Politik MKK 1401 3 Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep – konsep dasar ilmu politik, sebagai alat politik menegenali, memahami, dan menjelaskan fenomena politik. Untuk mencapai tujuan ini para mahassiwa akan diajak mempelajari konsep–konsep: politik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitiminasi, Negara, bangsa, integrasi politik, ideology, partai politik, perwakilan kepentingan dan politik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi), dan system ekonomi (kapitalisme, komunisme, dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.
2 Pengantar Ilmu Ekonomi MKB 1202 3 Kuliah ini mengantar mahasiswa tahun pertama ke kerangka dasar ilmu ekonomi. Pembahasan dimulai dengan permasalahan ekonomi, analis, model dan kebijaksanaan pemecahan masalah. Selanjutnya dibahas pendekatan mikro yang mengamati perilaku para pelaku ekonomi secara individual baik sebagai produsen, konsumen, dan juga pasar yang merupakan pertemuan kedua pelaku ekonomi tersebut. Juga sedikit pembahasan pendekatan makro dalam pemecahan masalah ekonomi. Di sini dibahas pendapatan dan produksi nasional yang meliputi unsur-unsur yang mempengaruhi (konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, ekspor, impor, uang, pajak, harga, tingkat bunga, kurs, valuta) dan kebijaksanaan pemerintah di dalam mengendalikan unsur-unsur tersebut
3 Pengantar Sosiologi MKK 1403 3 Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologi, seperti kehidupan masyarakat, normah atau kaidah sosial, sanksi dan model control sosial lainnya, proses sosialisasi, peneglompokkan sosial dan bentuk structural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peran sosial, proses proses sosial, perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibatnya) dan masalah kependudukan. Setelah menguasai berbagai konsep dasar ini para mahasiswa diharapkan dapat memiliki pijakan awal yang baik guna mendalami lebih lanjut berbagai cabang kajian ilmu sosial, utamanay sosiologi, secara lebih khusus.
4 Pengantar Antropologi MKK 1404 3 Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep Antropologi, seperti kehidupan masyarakat, normah atau kaidah sosial, sanksi dan model control sosial lainnya, proses sosialisasi, peneglompokkan sosial dan bentuk structural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peran social.
5 Pengantar Ilmu Hukum MBB 1105 3 Kuliah ini memberikan pengertian terjadinya tata hukum Indonesia, sejarah aneka hukum yang berlaku, politik hukum, sistem pemerintahan, pembagian lapangan hukum, sumber hukum, hukum perdata, hukum dagang, hukum adat, hukum Islam, hukum antar tata hukum, hukum acara, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum agraria, hukum pajak, hukum perburuhan, hukum sosial, hukum pidana, hukum internasional.
6 Pengantar Ilmu Pemerintahan MKB 1206 3 Subjek utama kajian mata kuliah ilmu Pemerintahan, yaitu seluruh kajian yang tercakup dalam ilmu pemerintahan secara holistik. Substansi mata kuliah pengantar ilmu pemerintahan adalah sebagai pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan, sehingga sifat penyajiannya lebih informatif dari pada substantif, menginggat karasteristik mata kuliah ini meletakan dasar-dasar menuju pada pemahaman lebih lanjut tentang ilmu pemerintaha, kajian mata kuliah ini meliputi empat kajian utama, yaitu konsep dasar ilmu pemerintahan, struktur pemerntahan, fungsi pemerintahan, dan prosespolitik dalam pemerintahan.
7 Dasar-Dasar Logika MKK 1407 3 Setelah mengikuti mata kuliah dasar-dasar logika mahasiswa dapat mengerti dan memahami tentang pengertian logika, Pikir memikir caraformal; deduksi, induksi, argumen kumulatif dalam konteks rasionalitas stricto sensu; identifikasi bentukbentuk pikiran yang valid; sebab- sebab kekeliruan berfikir; identifikasi nama-nama kesalahan berfikir.
21
SEMESTER II
1 Pendidikan Agama MPK 2308 2 Mata Kuliah Ini Mengajak dan mengantarkan mahasiswa ke pemahaman tentang agama islam secara utuh dan menyeluruh. Selain masalah keimanan, dibahas pula ikhwal ibadah, baik yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum, yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/ Khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan makhluk lain dan alam. Selain hendak diarahkan ke terbinanya kesadaran untuk melaksanakan ibadah dan memenuhi kewajiban kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negaranya. Diharapkan mahasiswa kian dapat menunaikan tugas hidupnya dengan teratur dan tertib menurut tatanan yang berlaku. Pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup duniawi dan ukhrawi.
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan MPK 2309 2 Setelah mengikuti mata kuliah ini mahassiswa memiliki kemampuan pemahaman, konsep, dan deskripsi situasi hal yang berkaitan dengan penguatan warga Negara dalam implementasi nilai–nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penyikapan terhadap situasi aktual tentang ideology, Negara dan warga Negara secara sekuensial dengan bahasan meliputi filsafat Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban warga Negara, Negara dan konstitusi, demokrasi Indonesia, HAM dan the rule of low, geolopitik dan geostrategic Indonesia Kerangka pembahasan dikaitkan dengan fenomena globalisasi, HAM dan demokrasi (politik dan ekonomi) serta dinamika keIndonesiaan actual. Dengan pemahaman serta refleksi terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara diharapkan menjadi ilmuan dan professional yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
3 Bahasa Inggris I MKK 2410 3 Mata ajaran ini sebagian besar akan berupa latihan latihan intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa berbahasa inggris, sekalipun secara pasif, khususnya untuk keprluan baca membaca. Lewat mata ajaran ini para mahasiswa akan banyak belajar memahami dan menganalisis struktur kalimat di dalam bahasa Inggris. Latihan latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa memahami pesan pesan yang disampaikan kepadanya didalam bahsaa Inggris itu, baik lewat tulisan (bacaan) maupun secara lesan dari bahasa Indonesia yang juga dikembangkan lewat mataajaran ini.
4 Bahasa Indonesia MKK 2411 2 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang didesain agar mahasiswa dengan menekankan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca, berbicara, menyimak, dan menulis karya ilmiah. Sejalan dengan uraian tersebut, maka dalam mata kuliah ini, Bahasa Indonesia yang dipelajari adalah bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan dunia ilmu pengetahuan. Pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan karena mahasiswa, sebagai calon sarjana, dipersiapkan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah. Ia memiliki tugas bukan saja dapat membaca tulisan-tulisan ilmiah, tetapi juga harus mampu menulis sendiri karangan-karangan yang bersifat ilmiah. Oleh karena itu, setiap mahasiswa perlu mengetahuai cara-cara menbuat karangan ilmiah tersebut.
5 Sistem Pemerintahan Daerah MKB 2212 3 Mahasiswa diajak untuk mempelajari berbagai konsep administrasi Negara sebagai suatu proses yang bersifat sistematis. Kajian ditekankan pada system dan model yang dianut dan dipraktekan di Indonesia. Pendalaman juga dilakukan dengan mengkaji berbagai komponen yang ada dalam system tersebut yang meliputi kelembagaan aparatur pemerintah, Kepegawaian pemerintahan, ketatalaksanaan pemerintah, serta aparatur perekonomian Negara. Pendekatan terhadap kajian ini tidak sekedar bersifat legal formal tetapi juga mengikuti alur dinamika actual dan empirik yang terjadi dalam proses system administrasi Negara. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya memiliki bekal teoritik namun juga gambaran gambaran yang lebih realistic.
6 Sistem Hukum Indonesia MKK 2413 3 Mahasiswa diajak memahami hukum sebagai bagian suatu kebudayaan Indonesia yang susunan masyaraktanya terdiri dari berbagai suku bangsa, yang dapat disebut dalam keadaan pluralistis berlaku berbagai system hukum. Hukum di Indonesia sebagai suatu system menjelaskan pengertian hukum sebagai acuan–acuan hidup beserta sumber–sumber hukum, komponen–komponen lainya yang bergerak didalam suatu mekanisme, substansi hukum (hukum in concrato dan hukum in abstact), pembagian dan perbedaan hukum yang berlaku di Indonesia sebagai Hukum Positif. Seluruh perbincangan akan lebih jelas bila mahasiswa juga mengetahui sejarah hukum Indonesia yang cukup unik.
7 Sistem Politik Indonesia MBB 2114 3 Mahasiswa diharapkan mampu memahami kehidupan politik Indonesia, baik ari segi kesejahteraanya maupun berdasarkan berbagaipendekatan/ model model teoritik yang berkembang. Pendekatan – pendekatan yang diperbincangkan yang meliputi: pendekatan institusional, pendekatan structural fungsional, pendekatan struktural konflik, ekonomi politik, pendekatan kekuasaan (patrimonial, birokratik otoriter, politik birokratik, dan korporatisme), dan tentu saja pendekatan system. Sistem Politik ndonesia yang dicakup dalam pembahasan ini meliputi pasang surut dan perubahan perubahan system politik sejak Indonesia merdeka hingga kondisi terkini. Secara demikian, mahasiswa mampu mengapresiasi, mengenai permasalahan, dan memiliki kekayaan kerangka teoritik untuk memahami dan menejelaskan gejala yang terjadi.
8 Pengantar Statistik MKK 2415 3 Mata kuliah ini memberikan dasar statistika deskriptif kepada mahasiswa, yang tujuan utmanya dalah untuk mengantarkan mahasiswa kearah kemampuan menyusun data. Mahasiswa diajak untuk mempelajari beberapa pengetahuan dasar tentang statistika, seperti macam dan kegunaan statistika dalam ilmu ilmu sosial, dan pengrtian penegrtian dasar, seperti proses induksi, generalisasi, populasi, sampel, dan objektivitas. Kmudian, pembahsan lain menyangkut matriks data dan variable (yang kontinyu dan yang diskrit), dan proses pengukuran berikut skala skala yang dihasilkan (yang nominal, ordinal, interval dan rasio). Para mahsiswa juga diajak untuk mengenali dan mampu membuat table, gambar, grafik, ukuran pemusatan (central tendency) dan sebaran (variance).
21
SEMESTER III
1 Metode Penelitian Kuantitatif MKK 1416 3 Membahas secara umum pengertian metode, research serta hal-hal yang diperlukan dalam research, langkah-langkah dalam research, metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data hasil research khususnya dalam bidang sosial (pemerintahan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
2 Bahasa Inggris II MKK 1417 3 Mata kuliah Bahasa Inggris II merupakan Mata Kuliah yang mempelajari pengetahuan, pengertian serta pemahaman kepada para mahasiswa agar mampu menguasai bahasa Inggris (lanjutan), baik secara lisan maupun tulisan. Pengetahuan bahasa diperlukan sebagai bekal lanjutan untuk mempelajari pengetahuan lainnya yang lebih rinci pada studi lanjutan. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu mempraktekkan ketrampilan dasar bahasa Inggris, ketrampilan tambahan dalam bersosialisasi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk menghadapi dunia kerja.
3 Kewirausahaan MKK 1418 2 Mata kuliah ini akan mengajarkan kepada mahasiswa dasar-dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha bukan berarti bahwa mahasiswa harus mampu membuat usaha sendiri, namun ketika mahasiswa dapat disebut entrepreneur walaupun bekerja di sebuah perusahaan (intrapreneur), bekerja di bidang sosial (sociopreneur) ataupun konsenen di bidang lingkungan (ecopreneur). Mata kuliah ini juga memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk membuat business plan (perencanaan bisnis)
4 Sistem Perwakilan Politik MPK 1319 3 Membahas teori-teori perwakilan Politik sebagaimana yang diinginkan dan oleh demokrasi pembahasan mencakup perkembangan pemikiran perwakilan politik, kelemahan-kelemahan dan keunggulan-keunggulannya, seta relevansinya dengan perkembangan politik kontemporer.
5 Sistem Parpol dan Pemilu MKB 1220 3 Membahas perkembangan kepartaian dan pemilihan umum di Indonesia, pola-pola 102ystem kepartaian yang pernah berlaku di Indonesia, latar belakang kepolitikan nasional Indonesia, voting behavior, isu-isu sekitar pemilihan umum, tingka laku partai politik dan organisasi massanya, mekanisme sekitar restrukturisasi kepartaian serta system tekruitmen dalam pemilu serta analisis peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang mengatur kepartaian dan pemilu Indonesia.
6 Sistem Sosial Budaya Indonesia MPK 1321 3 Kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk mengenali dan memahami masyarakat Indonesia sebagai suatu sistem sosial, melalui pendekatan sosiologi dan budaya. Secara khusus mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman mengenai struktur-struktur, proses, dan dinamika masyarakat Indonesia, beserta masalah-masalah yang dihadapinya sejak awal pembentukannya sampai saat ini.
7 Perekonomi Indonesia MBB 1122 2 Mahasiswa diharapka dapat mengkaji perkembangan perekonomian Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai ke masa pemerintahan saat ini dan memahami 103ystem perekonomian dari waktu ke waktu, seperti bertahannya system ekonomi yang dualistic akibat politik penjajahan, dan upaya – upaya yang diusahakan untuk meniadakan dualism tersebut. Munculnya gagasan ekonomi pancasila untuk mewujudkan cita–cita ekonomi nasional yang berdasarkan landasal idiil Pancasila dan landasan konstitusional UUD 1945 dengan berbagai permasalahan yang dihadapi akan menjadi perhatian mata ajaran ini.
8 Organisasi Manajemen Pemerintahan MKK 1423 2 Kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk mengenali dan memahami tentang organisasi, melalui pendekatan organisasi. Secara khusus mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman mengenai struktur-struktur, proses, dan dinamika masyarakat Indonesia, beserta masalah-masalah yang dihadapinya sejak awal pembentukannya organisasi sampai saat ini.
21
SEMESTER IV
1 Prilaku Organisasi MPB 2524 2 Mata kuliah ini dimaksudakan untuk membekali mahasiswa brbagai konsep dan teori organisasi dari aliran keperilakuan (behaviorism) untuk memupuk kemampuan dan memahami dan menanalisis fenomena perilaku organisasi, dengan berbagai implikasi prakteknya. Untuk itu mahasiswa akan diajak memepelajari antara lain berbagai teori keperilakuan yang memepengaruhi kinerja organisasi dalam organisasi, konflik, kekuasaan dan perilaku politik, serta pengelolaan sumberdaya manusia
2 Birokrasi Indonesia MPB 2525 3 Pembahasan tentang sejarah birokrasi, karakteristik birokrasi dari zaman jajahan hingga ke zaman reformasi, baik kinerja birokrasi, pemberdayaan birokrasi di Indonesia, maupun budaya birokrasi pelayanan public. Birokrasi juga dikaitkan dengan pembentukan masyarakat madani.
3 Metode Penelitian Kualitatif MKK 2426 3 Membahas secara umum pengertian metode, research serta hal-hal yang diperlukan dalam research, langkah-langkah dalam research, metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data hasil research khususnya dalam bidang sosial (pemerintahan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif
4 Kekuatan Politik MKK 2427 3 Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan analisis mahasiswa mengenai kekuatan-kekuatan politik di Indonesia. Perkuliahan ini disajikan dalam bentuk untuk melalui keterkaitan antara konsep ilmu politik dengan realita politik di Indonesia.
5 Ekonomi Politik MPK 2328 3 Kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk mengenali dan memahami ekonomi politik sebagai suatu sistem sosial, melalui pendekatan budaya politik . Secara khusus mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman mengenai struktur-struktur politik, proses politik, system politik.
6 Budaya Politik MPK 2329 3 Dibahas mengenai pengertian budaya politik, kekuatan sosial budaya masyarakat yang mempengaruhi politik, perilaku-perilaku politik, kebiasaan-kebiasaan politik yang terjadi khususnya di Indonesia
7 Sosiologi Politik MPK 2330 2 Memberikan deskripsi mengenal pengaruh masyarakat terhadap politik secara timbal balik dan tentang berbagai teori dan konsep analisis sosiologi terhadap kehidupan politik. Tekanan diberikan pada aplikasi teori dan konsep-konsep tersebut dalam telaah mengenai kehidupan politik khususnya di Indonesia.
8 Pemikiran Politik Indonesia MBB 2131 2 Membahas pemikiran-pemikiran politik yang berkembang di indonesia sejak awal abad 20 sampai sekarang. Pokok pembahasan pemikiran politik selama pergerakan kemerdekaan, yang mempengaruhi perkembangan pemikiran politik politik.
21
SEMESTER V
1 Etika Politik MKB 1232 3 Dibahas mengenai pengertian etika politik, tata cara hubungan-hubungan yang dilakukan oleh elit-elit politik dalam memainkan perannya.
2 Antropologi Politik MBB 1133 3 Membahas aneka struktur kekuasaan, wewenang, stratifikasi kekuasaan masyarakat politik, pola kepemimpinan serta budaya dan struktur politik local.  Pengertian antropologi Gejala politik dari perspektif ilmu politikdan antropologi politik Beberapa teori perspektif antropologi politik Pengertian ideology Kepemimpinan dan kekuasaan kekerabatan dan politik, agama dan politik serta ekonomi dan politik.
3 Komunikasi Politik MKB 1234 3 Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengertian dan model komunikasi politik perkembangan pemikiran komunikasi politik, komunikator politik, bahasa politik, semiotic dan pramagtik, identifikasi dan karakteristik persuasif politik media dan saluran politik efek komunikasi politik, opini politik, sosialisasi partisipasi, perubahan politik dan metode penelitian komunikasi politik.
4 Parlementri MPB 1535 2 Mata kuliah ini menelaah dan menjelaskan tentang bentuk-bentuk pemerintahan, sistem pemerintahan, faktor lingkungan dalam penyelenggaraan pemerintahan, demokrasi desentralisasi dan otonomi dalam penyelenggaraan pemerintahan, lembaga dan birokrasi pemerintahan, hubungan pusat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, dibahas juga konsep reinventing government dan good governance.
5 Pembangunan Politik MKK 1436 2 Menguraikan pengertian , konsep-konsep pembangunan politik, keseimbangan antara hukum, administrasi dan politik dalam pembangunan, militer dan pembangunan politik. Pembangunan politik dan pemerintahan Indonesia, hasil-hasil pembangunan politik khusunya di Indonesia, pembangunan politik dlam kaitannya dengan pembangunan di bidang sosial ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan dalam kaitanya sistem pembangunan secara integral.
6 Metode Penelitian Ilmu Politik MKB 1237 3 Mata kuliah ini memberikan dasar metodologi politik kepada mahasiswa, yang tujuan utamanya adalah untuk mengantarkan mahasiswa kearah kemampuan menyusun data. Mahasiswa diajak untuk mempelajari beberapa pengetahuan dasar tentang metodologi, seperti macam dan kegunaan metodologi dalam ilmu ilmu sosial, dan pengertian pengertian dasar, metodologi, generalisasi, populasi, sampel, dan objektivitas. Kemudian, pembahasan lain menyangkut matriks data.
7 Pemikiran Politik Islam MPK 1338 3 Membahas mengenai filsafat sains, manusia dan masyarakat politik, sistem politik, perkembangan pemikiran dan kebijaksanaan politik serta proses pembuatannya, menurut perspektif Islam, selanjutnya dikembangkan bagai studi hubungan internasional yang hirau terhadap pemikiran politik perspektif “nonwestern”.
8 Politik Luar Negeri RI MKK 1439 3 Pembahasan mengenai konsep-konsep pokok, metodologi dan teorisasi yang fungsional bagi upaya menganalisa pola-pola perkembangan dalam politik luar negeri Indonesia menurut berbagai faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri Indonesia dan hubungannya dengan Negara-negara lain serta organisasi internasional, terutama di hubungkan sebagai pengembangan politik luar negeri bebas aktif.
21
SEMESTER VI
1 Pemikiran Politik Barat MKK 2440 2 Mamahami perkembangan pemikiran politik di Barat secara umum. Pokok-pokok yang dibahas adalah pemikiran-pemikiran politik Yunani Kuno, abad pertengahan, masa renaisans, perkembangan liberalisme, sosialisme dan fasisme.
2 Manajemen Pelayanan Publik MPB 2541 3 Membahas pengertian dan kaitan masyarakat dengan kepentingan umum, pengertian dan makna pelayanan publik beserta ruang lingkupnya, pelayanan publik dan birokrasi, penyelenggara dan pelaksana manajemen pelayanan publik dan sipil, sasaran dan bentuk-bentuk manajemen pelayanan publik dan sipil, faktor pendukung pelaksana pelayanan publik dan sipil, motif dan sikap serta tingkah laku dalam pelayanan publik dan sipil.
3 Teori Perbandingan Politik MKB 2242 3 Merupakan perangkat ilmu untuk mengadakan studi mengenai system-sistem politik melalui metode perbandingan. Artinya disatu pihak melihat sistem-sistem politik atas dasar sejumlah teori yang terkandung dalam ilmu politik dan di lain pihak secara empiris mendapatkan balikan untuk membina alat analisis yang lebih memadai. Mata kuliah ini memiliki makna komparatif politik sebagai ilmu terapan dalam studi hubungan internasional dengan usaha-usaha teorisasinya.
4 Negosiasi MKK 2443 2 Pokok bahan dalam mata kuliah ini meliputi ; konsep dasar negosiasi, berbagai pendekatan dalam strategi negosiasi, faktor-faktor penentu efektifitas negosiasi, perencanaan negosiasi, penggunaan bahasa dalam negosiasi, tehnik bertanya dan menjawab dalam negosiasi serta penggunaan media untuk negosiasi.
5 Psykologi Politik MBB 2144 3 Konsep-konsep dasar dan persepektif nilai-nilai yang mendasari psikologi politik pemahaman konsep, persepektif dan nilai-nilai psikologi politik dalam meninjau permasalahan. Lingkup bidang psikologi politik terapan. Peran dan aktifitas dalam psikologi politik terapan.
6 Dinamika Politik MKB 2245 3 Menguraikan tentang kebijakan-kebijakan pembangunan politik terutama di Indonesia. Bagaimana peran–peran pimpinan parpol-parpol dan elit politik.
7 Manajemen Resiko MPB 2546 2 Membahas masalah resiko berkaitan dengan kondisi terjadinya deviasi yang menyebabkan kerugian. Dalam duniausaha, kondisi ini senantiasa ada dan menuntut perhatian manajemen untuk mengelolanya dengan tepat. Inti pembahasan manajemen risiko meliputi identifikasi atas risiko yang ada, mengukur beratnya risiko, dan menanganinya dengan pendekatan/strategi tertentu.
8 Prilaku Politik MBB 2147 3 Mata kuliah ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki kompetensi mengelola prilaku politik untuk menunjang kelancaran kegiatan manajemen perkantoran. Mempelajari Pengertian Umum, Maksud dan Tujuan prilaku politik, Sejarah politik, dan Fungsi-Fungsi politik.
21
SEMESTER VII
1 Seminar Masalah Politik MKK 1448 3 Kewajiban mahasiswa untuk menyusun skripsi dengan dibimbing oleh beberapa orang dosen, dengan prosedur yang diatur dan disusun oleh jurusan dan merupakan hasil penelitian dengan memadukan teori dan analisis di lapangan sebelum maju ujian. Sebelum menyusun skripsi tersebut kepada mahasiswa diwajibkan untuk mengadakan/ mengikuti seminar masalah-masalah politik diantaranya sesame mahasiswa di bawah bimbingan dosen pengasuh mata kuliah ini.
2 Kebijakan Publik & Governance MPK 1349 3 Mata kuliah yang merupakan “lanjutan” dari mata kuliah kebijakan public, adalh studi yang kompleks. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan proses trasnformasi dari kebijakan menjadi hasil kebijakan, karena kebijakan public tidak terimplementasikan dengan sendirinya (self implemented). Ebagai suatu tahap dalm evaluasi kebijakan, implementasi seringkali justru lebih menentukan keberhasilan ataupun kegagalan pelaksanaan sebuah kebijakan. Untuk itu mahassiwa dibekali dengan pemahaman teori, model/ kerangka kerja dalam studi implementasi, dan melakukan analisi kritis terhadap kasus- kasus implementasi kebijakan. Selanjutnya diharapkan mahasiswa dapat menejelaskan pula berbagai factor yang mempengaruhi efektifitas pelaksanaan suatu kebijakan pemerintah, sekaligus mampu memeberi rekomendasi untuk lebih meningkatkan efektivitas kebijakan pemerintah yang berupaya memecahkan berbagai persoalan public/ masyarakat.
3 Kepemimpinan MKB 1250 3 Mahasiswa mempelajari berbagai penegrtian tentang kepemimpinan, berikut perananya dalam setiap usaha penetapan dan pencapaian tujuan. Mmepelajari berbagai teori, metode, dan gaya serta teknik kepemimpinan untuk mendapatkan gambaran–gambaran yang dapat diperbandingkan. Topik–topik yang dipandang menarik antara lain akan meliputi ikhwal kepemimpinan dalam organisasi, fungsi dan peranannya, hubungan kepemimpinan dan maalah konlik
4 Politik Internasional MKK 1451 3 Menyajikan bentuk sistematika secara komprehensif dari konsep kerangka studi politik internasional, penguasaan dasar –dasar guna mengembangkan pandangan tentang sistem dan proses politik internasional untuk mengelola data hubungan-hubungan politik internasional yang sedang berlangsung.
5 Pemikiran Politik Negara Berkembang MKB 1252 2 Studi ini tentang keterhubungan antara perkembangan politik di satu pihak dengan perubahan sosial ekonomi, hukum, sosial budaya serta pembangunan dilain pihak, di Negara-negara berkembang melalui penelusuran perkembangan pemikiran politik, ekonomi politik, pembangunan politik (teori-teori, model-model dan strategi-strategi mengenai aspek pembangunan politik, ekonomi), baik dari pemikir Barat maupun Negara-negara berkembang, mengkaji bagaimana penerapan-penerapannya di Negara-negara berkembang yang meliputi keberhasilan dan kegagalan, prosfek dan tantangannya.
6 Pemecahan Masalah & Pengb.Keputusan MKK 1453 3 Pemberian Mata kuliah ini dimaksudkan agar Mahasiswa memahami pentingnya Teknik Pengambilan Keputusan, baik dalam rangka menjalankan tindakan manajemen, maupun dalam rangka memecahkan masalah-masalah (problem solving) keseharian. Kesadaran akan perlunya memiliki kemahiran (skill) aktivitas Pembuatan Keputusan ini (baik pemikiran maupun secara fisik), akan dapat memberikan nilai kebijaksanaan yang tinggi serta efisiensi yang berarti.
7 Sistem Informasi Manajemen MPK 1354 3 Dalam maat kuliah ini mahasiswa akan mempelajari berbagai pengertian tentang gambaran umum sistim informasi manajemen dan peranannya dalam proses pengambilan keputusan. Topik topic yang dipandang menarik diekmas dalam beberapa bahasan, diantaranyabproses perkembangan system informasi manajemen, konsep informasid an penerapannya pada rancangan sistem informasi, konsep organisasi dan manajemen serta hubungannya dengan system informasi, pengambilan keputusan serta prakteknya pada berbagai organisasi terutama di lingkungan public.
8 Kuliah Kerja Nyata /Lapangan (KKN/L) MBB 1355 2 KKN/L merupakan suatu kegiatan kerja/praktek di lapangan dan diintegritaskan kedalam kegiatan kegiatan dharma ketiga perguruan tinggi yaitu dharma pengabdian kepada masyarakat. Mahassiswa dilatih untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang dperoleh lewat pendidikan dan penelitian guna kepentingan pembangunan masyarakat. Mahasiswa akan belajar bekerja dan bekarya secara mandiri (individual ataupun kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisiplin untuk mengembangkan aspek kognisi, afeksi dan psikomotor dirinya sebelum meninggalkan kampus sebagai seorang sarjana.
21
SEMESTER VIII
1 Keuangan Negara dan Daerah MPB 2556 3 Diharapkan mahasiswa mampu menegetahui dan memahami beberapa teori administrasi keuanagan yang berkembang hingga saat ini, disamping mampu pula menjeelaska setiap fenomena keuangan Negara.untuk maksud tersebut, para mahasiswa akan mempelajari: ruang lingkup studi keuangan, konsep keuangan, tinjauan analisis positif dan normative keuangan, pengertian anggaran Negara, prosesn penyususan dan pelaksanaan APBN, klasifikasi anggaran, siklus anggaran, system anggaran, pengelolaaan perbendaharaan Negara, pengawasan dan pertanggungjawaban keuanagn Negara, kebijakan fiscal dan politik perpajakan. Semua yang dikaji tetap dilihat dalam konteks yang makro, ialah penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan demokratik.
2 Manajemen Konflik MPB 2557 3 Membahas tentang teori-teori kepentingan, teori-teori konflik, pendekatan-pendekatan dan strategi dalam penyelesaian konflik serta menganalisis kasus-kasus konflik dalam masyarakat.
2 SKRIPSI MKB 2458 6 Membukakan kesempatan kepada mahasiswa untuk secara mandiri memantapkan seluruh penegtahuan yang telah diperolehnya dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik melalui penelitian (kepustakaan atau lapangan) dan menuliskannya dalam bentuk skripsi. Mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar dalam wujud kegiatan menyusun suatu karya ilmiah dalm salah satu topic ilmu administrasi Negara yang telah dipilihnya, dengan mengkonsultasikannya secara berkala kepada dosen pembimbing. Topik dimaksud antara lain kajian – kajian teoritik dari sudut tinjauan sosiologi, antropologitik, psikologitik, ilmu administrasi dan atau ilmu politik mengenai ikhwal organisasi atau perilaku manusia dalam organisasi;, kajian–kajian tentang fungsi manajemen administrasi public dan juga kajian–kajian tentang administrasi pemerintahan dan pembangunan. Acara kegiatan penelitian penelitian dan penulisan ini akan diakhiri dengan pemberian kesempatan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk mengemukakan karyanya itu secara lisan dan mendikusikannya dihadapan siding dewan penguji.

MATA KULIAH PRASYARAT
PROGRAM STUDI ILMU POLITIK

 

No MATA KULIAH YANG HARUS LULUS MATA KULIAH YANG AKAN DIAMBIL
1 Pengantar Ilmu Politik Sistem Politik Indonesia
2 Pengantar Ilmu Ekonomi Perekonomian Indonesia
3 Perekonomian Indonesia Ekonomi Politik
4 Pengantar Sosiologi Sosiologi Politik
5 Pengantar Antropologi Antropologi Politik
6 Pengantar Ilmu Hukum Sistem Hukum Indonesia
7 Pengantar Ilmu Pemerintahan Sistem Pemerintahan Daerah
8 Pengantar Statistik Metodo Penelitian Kuantitatif
9 Metode Penelitian Kuantitatif Metode Penelitian Kualitatif
10 Metode Penelitian Kualitatif Metode Penelitian Ilmu Politik
11 Metodologi Ilmu Politik Seminar Masalah Politik
12 Organisasi Manejemen Pemerintahan Prilaku Organisasi

KETERANGAN PENOMORAN KODE MATA KULIAH

  1. Satu angka pertama menunjukkan semester Ganjil/Genap (Ganjil:1 / Genap:2)
  2. Satu angka kedua menunjukkan urutan pengelompokan mata kuliah ( 1 MBB, 2 MKB, 3 MPK, 4 MKK dan 5 MPB)

  3. Dua angka terakhir menunjukkan urutan jumlah mata kuliah keseluruhan

 

KETERANGAN SKS
1. Jumlah Mata Kuliah Wajib 123
2. Jumlah Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan 36
3. Jumlah Mata Kuliah Pilihan yang harus diambil 24
4. Jumlah Mata Kuliah Pilihan yang harus Lulus (Wajib+Pilihan) 147
5. Jumlah Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan seluruhnya 159