Prodi Ilmu Komunikasi

Visi Program Studi Ilmu Komunikasi adalah:

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang Terdepan dalam Pengembangan Keilmuan Berbasis Kompetensi pada Tahun 2030.

Misi Program Studi Ilmu Komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem belajar mengajar sesuai kompetensi Ilmu Komunikasi.

  2. Mengedepankan aktifitas penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa sesuai kompetensi Ilmu Komunikasi.

  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang identik dengan kompetensi Ilmu Komunikasi.

  4. Meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam lingkup pengembangan teori dan praktek komunikasi.

Tujuan Program Studi Ilmu Komunikasi adalah untuk:

  1. Membentuk civitas akademika dan sarjana yang memiliki kompetensi dalam bidang Ilmu Komunikasi.

  2. Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang bermanfaat bagi kalangan akademik maupun masyarakat umum.

  3. Memberdayakan masyarakat dalam bidang komunikasi sebagai salah satu bentuk keterlibatan civitas akademika dalam wilayah publik sebagai sarana aktualisasi ilmu.

  4. Menghasilkan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kinerja program studi dan akseptabilitas lulusan.

Nama-nama Dosen Pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi

No. Nama Dosen
1 Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si
2 Sumarni Bayu Anita, S.Sos, MA
3 Budi Santoso, S.Sos, M.Comn
4 Icuk M.Sakir, S.Sos, M.Si
5 Siti Lady Havivi, M.Soc.Sc
6 Herfriady, S.Sos, M.A
7 Dwi Nurul Prihantono, M.Si
8 Ervan Aziz, S.Sos, M.Si
9 Marleni, S.E, M.I.Kom
10 Dr. H. Mudasir, M.Si
11 Dr. Edy Syarif, M.Si
12 Dr. Firdanianty
13 Ferdy Antonius, S.Sos, MM
14 Drs. H. Mawardi, M.Si
15 M. Nasir, M.Pd
16 Junaidi, S.Psi, M.Si
17 Drs. H. Bangun P. Lubis, M.Si
18 Dita Mayreista, SH, MH
19 M. Febrianza, M.Si
20 Ade Indra Chaniago, SE, M.Si
21 Drs. H. Dulaimi, Djalili, M.Si
22 Sherly Desliyanah, M.Pd
23 Hasan Basri, S.I.Kom, M.Si
24 Diah Putri Islamy, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi (Kurikulum 2017)

 

No Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi
Semester I
1 Pendidikan Agama MPK 1301 2 Mata kuliah ini diawali dengan pemahaman tentang pengertian agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain masalah keimanan, akan dibahas pula ikhwal ibadah, baik yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum.
2 Pendidikan Pancasila & Kewarga-negaraan MPK 1302 2 Kerangka pembahasan dikaitkan dengan dasar negara Pancasila, fenomena globalisasi, HAM dan demokrasi serta dinamika ke-Indonesia-an aktual. Bahasan meliputi filsafat Pancasila, identitas nasional, hak dan kewajiban warga negara, negara dan konstitusi, demokrasi Indonesia, HAM dan the rule of law, serta aspek kewarganegaraan lainnya.
3 Bahasa Indonesia MPK 1303 3 Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang didesain agar mahasiswa memiliki keterampilan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca, berbicara, menyimak, dan menulis karya ilmiah.
4 Bahasa Inggris 1 (Basic) MPK 1304 3 Mata kuliah ini mencangkup latihan intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa berbahasa Inggris, sekalipun secara pasif, khususnya untuk keperluan membaca dan menulis.
5 Dasar-Dasar Logika MKK 1405 2 Mata kuliah ini juga disajikan dasar-dasar keterampilan berpikir deduktif, induktif dengan segala bentuk-bentuk variasinya (silogisme, analogi, generalisasi, dan sebagainya) dilengkapi dengan latihan-latihan praktis yang dengan sengaja diarahkan pada proses berpikir dalam pengambilan keputusan hukum.
6 Pengantar Ilmu Komunikasi MKK 1406 3 Materi bahasan mata ajaran ini meliputi pengenalan dasar komunikasi sebagai ilmu dan ilmu sosial yang bersifat multidisipliner, ruang lingkup, konsep-konsep dasar dan proses komunikasi dalam kehidupan manusia.
7 Pengantar Psikologi MKK 1407 3 Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup fungsi psikis, aliran, dan prinsip dasar psikologi, persepsi, teori-teori kontekstual yang relevan dengan ilmu komunikasi.
8 Pengantar Ilmu Sosiologi MKK 1408 3 Mata kuliah ini mempelajari kehidupan masyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan model kontrol sosial lainnya, proses sosialisasi, pengelompokkan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peran sosial, proses sosial, dan perubahan sosial.
Semester II
1 Bahasa Indonesia Jurnalistik MPK 2309 3 Mata kuliah ini memberikan wawasan teoritis dan praktis agar mahasiswa menguasai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar,cara penulisan berita,feature,tanda baca dan tipografi,dll. Disamping itu juga mahasiswa diharapkan menguasai penggunaan bahasa baku pada produk karya,jurnalistik dan menyusun kalimat efektif.
2 Bahasa Inggris 2 (TOEFL) MPK 2310 3 Materi kuliah mencakup grammar, reading, listening, writing, conversation dalam kaitannya dengan ilmu komunikasi dan berguna untuk mempersiapkan diri mahasiswa dalam menjawab soal-soal TOEFL.
3 Dasar-Dasar Jurnalistik MKB 2211 3 Mata kuliah ini berisikan pengertian dan batasan berita, rumusan dan bangunannya yang berkaitan dengan wawancara, menggunakan bahasa pers dan metode pencarian berita. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada pengetahuan tentang latihan membuat berita, laporan feature dan reportase melalui media yang dipilih.
4 Dasar-Dasar Public Relations MKB 2212 3 Pembahasan mengenai pengertian, konsep konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, dan proses kegiatan public relations dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal maupun internal.
5 Dasar-Dasar Broadcasting MKB 2213 3 Materi kuliah mencakup pemahaman awal mengenai kegiatan broadcasting, meliputi definisi, jenis, dan kegunaannya di ranah ilmu komunikasi.
6 Sistem Komunikasi Indonesia MKK 2414 2 Sistem komunikasi Indonesia sebagai pencerminan budaya bangsa Indonesia,meyakini sepenuhnya kredibilitas sistem komunikasi Indonesia sebagai unsur penunjang pembangunanNasional,serta menyadari dengan jernih keberadaan sistem komunikasi Indonesia di dalam sistem internasional.
7 Sistem Ekonomi Indonesia MKK 2415 2 Mata kuliah ini didesain agar mahasiswa dapat memahami sistem dan perubahan sistem perekonomian Indonesia. Selanjutnya, memberikan pemahaman dan membangun mahasiswa terhadap kondisi ekonomi Indonesia.
8 Sistem Politik Indonesia MKK 2416 2 Sistem politik Indonesia yang dicakup dalam pembahasan ini meliputi pasang surut dan perubahan perubahan sistem politik sejak Indonesia merdeka hingga kondisi terkini.
Semester III
1 Sistem Hukum Indonesia MKK 1417 2 Membahas materi-materi yang berhubungan dengan kaidah yang berlaku dalam suatu masyarakat, pembentukan kaidah, sistem hukum, arti dan peranan penemuan hukum dalam pembentukan hukum, penafsiran hukum dan lain-lain.
2 Sistem Sosial Budaya Indonesia MKK 1418 2 Matakuliah ini memberikan dasar-dasar untuk menganalisis sebuah masyarakat yang sebelumnya telah dikonsepsikan sebagai suatu sistem kehidupan yang terbuka dan penuh interaksi (baik interaksi internal yang terjadi antarkomponen di dalam sistem maupun interaksi eksternal yang terjadi antara sistem dan lingkungannya).
3 Komunikasi Bisnis MPB 1519 3 Mata kuliah komunikasi bisnis memberikan gambaran komunikasi dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal.
4 Komunikasi Organisasi MKB 1220 3 Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori, dan penerapan teori-teori komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal, untuk mengembangkan semangat kerja dan produktivitas, mengurangi kejenuhan informasi, dan meningkatkan efisien.
5 Pengantar Statistik Sosial MKK 1421 2 Matakuliah ini memberikan dasar dasar pengetahuan statistika deskriptif kepada para mahasiswa, yang tujuan utamanya adalah untuk mengantarkan mahasiswa ke arah kemampuan menyusun data umum atau penelitian.
6 Teori Komunikasi MKB 1222 3 Mata kuliah yang membahas mengenai pendekatan pendekatan yang dapat dipergunakan dalam ilmu komunikasi, model sekaligus teori-teori yang menjelaskan tentang fenomena komunikasi yang terjadi di dunia.
7 Manajemen Public Relations MPB 1523 3 Mata kuliah ini memberikan gambaran bagaimana proses kerja profesi PR dalam suatu organisasi dan bagaimana mengkombinasikan profesi seorang PR dengan keilmuan manajemen.
8 Manajemen Media Massa MPB 1524 3 Mata kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif tentang pengelolaan manajemen media massa (surat kabar, majalah, tabloid, televisi dan radio), mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Mata kuliah ini juga membahas berbagai aspek manajemen media massa mulai dari manajemen pemasaran, manajemen redaksi, manajemen periklanan hingga manajemen distribusi.
Semester IV
1 Komunikasi Antar Pribadi MKB 2225 3 Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, dan karakteristik, teori-teori dan penerapan teori dalam upaya memahami individu dalam KAP, memahami diri sendiri, memahami dari orang lain dan memahami hubungan dalam KAP dan kaitannya dengan praktik PR, Jurnalistik dan Periklanan.
2 Komunikasi Massa MKB 2226 3 Mata kuliah membahas konsep dan karakteristik komunikasi massa,fungsi sosial-ekonomi politik media massa,model-model proses komunikasi massa, teori-teori dan metodologi dalam pengkajian mengenai proses dan dampak komunikasi massa.
3 Periklanan MPB 2527 3 Mata kuliah mencangkup pengertian dan konsep-konsep dasar periklanan sebagai suatu bentuk komunikasi terapan dan berfungsi sebagai komunikasi penunjang program pemasaran. Pembahasan meliputi: pengertian,tujuan,fungsi,jenis dan bentuk periklanan, juga praktek periklanan itu sendiri.
4 Metode Penelitian Sosial MKK 2428 2 Mata kuliah ini memperkenalkan mengenai kemampuan dasar dalam bidang penelitian mulai dari memilih masalah penelitian, menentukan metode, menyusun instrumen penelitian dan membuat laporan penelitian di ranah sosial.
5 Perencanaan Komunikasi MBB 2129 2 Mata kuliah perencanaan komunikasi adalah sebuah struktur konseptual untuk pemeriksaan komunikasi dalam organisasi. Perencanaan komunikasi dapat menjamin bahwa pemeriksaan atau monitoring organisasi secara dini dapat membantu komunikasi yang efektif dalam sebuah organisasi.
6 Jurnalistik Media Cetak & Elektronik MPB 2530 3 Materi kuliah mencakup pengetahuan teoretis dan praktis tentang teknik kegiatan mencari, mengolah, menulis, reportase dan penerapannya dalam jurnalistik media cetak (koran, majalah, tabloid) dan jurnalistik media elektronik (radio dan televisi).
7 Sinematografi MPB 2531 3 Mata kuliah ini membahas tentang pengertian sinematografi, klasifikasi sinematografi, proses dan teknik sinematografi, dan mengajak mahasiswa untuk membuat karya sinematografi yang baik dan menarik.
8 Komunikasi Politik MKB 2232 2 Mata kuliah berisi tentang pemahaman proses proses politik sebagai proses komunikasi, mengkaji berbagai permasalahan politik dari sudut tinjau komunikasi. Pembahasan topik-topik yang relevan dengan permasalahan komunikasi politik, ikhwal pemimpin politik sebagai komunikator politik, persuasi politik dan propaganda, macam-macam saluran komunikasi yang vital untuk kepentingan politik.
Semester V
1 Teknik Mencari & Menulis Berita MBB 1133 2 Mata kuliah ini dipersiapkan untuk memberi pemahaman teoritik tentang beberapa model teknik penulisan berita. Selain itu, sejumlah latihan menulis secara akademik diberikan porsi secara memadai, sehingga para mahasiswa, setelah mengikuti matakuliah ini, mampu mengekspresikan ide, konsep dan teori dalam bentuk tulisan berita secara baik dan benar.
2 Teknologi Komunikasi MKB 1234 3 Mata kuliah membahas garis besar perkembangan teknologi komunikasi, manfaat dan implikasi teknologi komunikasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik.
3 Komunikasi Lintas Budaya MKB 1235 3 Mata kuliah menjelaskan konsep-konsep dasar dan pendekatan komunikasi lintas budaya, serta menjelaskan faktor persepsi, prasangka dan stereotipe.
4 Desain Grafis Komunikasi MBB 1136 3 Mata kuliah yang belajar tentang kaitan antara desain, grafis dan teknologi untuk keperluan komunikasi visual, mulai dari penciptaan logo, pembuatan desain media cetak (buku, majalah, koran), ilustrasi dan topografi, stationary (kartu nama, kop surat, dll) dan kemasan, sticker, iklan layanan masyarakat, dll.
5 Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif MKB 1237 3 Sasaran utama mata kuliah ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang ragam penelitian di ranah Ilmu Komunikasi pada metode kuantitatif yang menggunakan survey sebagai cara utama dalam perolehan data. Aspek proposal (pendahuluan, teori dan metodologi) dan hasil penelitian (profil objek, pembahasan, dan kesimpulan) dipelajari dengan komprehensif di mata kuliah ini.
6 Teknik Promosi dan Pemasaran MBB 1138 2 Materi kuliah mencakup pengertian (Teknik Promosi dan Pemasaran), ruang lingkup, karakteritik, teori, dan penerapan komunikasi pemasaran terpadu, mengembangkan strategi untuk memaksimalkan hasil pemasaran, melalui unsur unsur strategis, taktis dan nilai dalam memadukan PR dan Promosi dan Periklanan untuk membangun citra merek.
7 Media Relations MBB 1139 2 Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang pentingnya media relations dalam PR. Dititikberatkan pada konsep dan strategi media relations yang diperdalam dengan pemahaman karakteristik media dan wartawan. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa, akan dilakukan kunjungan ke media massa dan praktikum produksi media internal PR.
8 Entrepreneur-ship Communi-cations MKK 1440 3 Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami teori konsep sekaligus praktek kewirausahaan atau entrepreneurship di bidang komunikasi. Contoh pendalaman praktek dikaitkan dengan aspek Ilmu Komunikasi, yakni Jurnalistik, Public Relations, Broadcasting dan Periklanan.
Semester VI
1 Filsafat dan Etika Komunikasi MKB 2241 2 Materi perkuliahan etika dan filsafat komunikasi mencakup pengertian etika komunikasi, perspektif etika komunikasi, dan kode etik hubungan masyarakat, kode etik jurnalistik dan kode etik periklanan. Materi filsafat komunikasi secara garis besar mencakup pengertian, berbagai aliran pemikiran, isu-isu dasar, telaah filsafat terhadap teknologi informasi dan komunikasi, dan keterkaitan filsafat komunikasi dengan praktik PR, jurnalistik, dan periklanan.
2 Produksi Siaran Radio MPB 2542 3 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan teoritis dan praktis mengenai dasar-dasar jurnalistik radio siaran,dan teknik-teknik yang harus dilakukan seorang reporter radio dalam mencari, meliput, melaporkan dan menulis naskah berita,baik yang bersifat formal (terjadwal) maupun non formal. Mahasiswa juga dibekali dengan perencanaan program radio komersial,jaringan,program musik,berita,diskusi dan talk show,olah raga, dsb.
3 Praktek Produksi Audio Visual MPB 2543 3 Mata kuliah memberikan pemahaman tentang karakteristik dan sifat televisi siaran serta sifat khalayak televisi. Pengetahuan teoritis dan praktis mengenai bagaimana praktek produksi audio visual dilakukan juga menjadi titik tekan dalam tujuan akhir kuliah ini.
4 Fotografi MPB 2544 3 Mata kuliah mencangkup praktek mengenai konsepsi, prinsip-prinsip, proses dan teknik-teknik memproduksi foto sebagai karya jurnalistik, baik berdiri sendiri maupun sebagai penunjang pemberitaan. Selain itu perlu mengetahui teknik dan penggunaan alat foto. Berbagai jenis foto, seperti foto salon, artistik, human interest dan sebagainya.
5 Metodologi Penelitian Komunikasi Kualitatif MKB 2245 3 Matakuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif ini ditawarkan untuk memberi pemahaman teoritik tentang paradigma dan atau perspektif kualitatif interpretasi dan analisis data secara kualitatifuntuk penelitian komunikasi. Selain itu, mahasiswa diajak untuk memahami berbagai varian penelitian kualitatif. Sasaran utama matakuliah ini adalah untuk memberi bekal kepada mahasiswa, utamanya dalam pengerjaan skripsi yang memilih metodologi kualitatif sebagai cara untuk menganalisis.
6 Liputan Mendalam & Investigasi MBB 2146 2 Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai seorang reporter yang harus memiliki prasyarat khusus yakni kepekaan sosial, sehingga mahasiswa dapat memahami langkah-langkah apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam proses meliput suatu peristiwa.
7 Sosial Media Marketing MBB 2147 3 Mata kuliah yang terfokus pada perkembangan new media terutama sosial media, seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Bagaimana sosial media ini memberikan pengaruh terhadap pemasaran baik personal branding, maupun organisasi laba dan nirlaba.
8 Retorika dan Public Speaking MPB 2548 2 Materi kuliah mencakup pengertian, ruang lingkup, karakteristik, teori-teori mengenali dan memahami publik, teknik, mengkomunikasikan informasi secara lebih efektif, persuasif dengan cara, mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun, dan menyampaikan pesan dalam praktek berpidato dan praktek public speaking kreatif lainnya.
Semester VII
1 KKN/KKL MPK 1349 3 Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini mahasiswa diharapkan dapat mampu memberikan pengalaman lebih terhadap dunia kerja dengan bentuk pengamatan kunjungan, sehingga menumbuhkembangkan keterampilan mahasiswa dalam mengasah kemampuan skill individu mereka masing-masing. Bentuk kegiatan KKL ini sifatnya kunjungan dan praktek ke berbagai instansi baik di dalam maupun luar kota.
2 Praktek Kerja Komunikasi (PKK) MPB 1550 3 Mata kuliah ini dikembangkan menjadi wahana praktek mahasiswa Ilmu Komunikasi di dunia kerja. Sejak tahun 2014, mata kuliah Praktek Jurnalistik dikembangkan menjadi Praktek Kerja Komunikasi (PKK) yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi melakukan magang selama 1-2 bulan di instansi, perusahaan atau media yang kemudian membuat laporan PKK sebagai nilai akhir perkuliahan.
3 Psikologi Komunikasi MKB 1251 3 Mata kuliah mencangkup pola perilaku individu dalam komunikasi. Meliputi pemahaman tentang peristiwa peristiwa mental dan behavioral dalam proses komunikasi, analisis perilaku individu dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Penjelasan tentang komunikasi intrapersonal (sensasi persepsi memori dan berpikir) dan komunikasi interpersonal (persepsi konsep diri dan atraksi), sistem dan efek komunikasi, psikologi komunikator, psikologi pesan dan psikologi kelompok.
4 Sosiologi Komunikasi MKB 1252 3 Mata kuliah Sosiologi Komunikasi ini memfokuskan pada pembahasan mengenai hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat serta teori-teori sosiologi yang menjelaskan tentang fungsi sosial, eksistensi dan peran media massa dalam kehidupan dan perubahan sosial. Pembahasan mengenai hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat serta teori-teori sosiologi yang relevan dengan eksistensi dan peranan media massa dalam kehidupan dan perubahan sosial.
5 Seminar Komunikasi MKK 1453 3 Mata kuliah ini membahas permasalahan permasalahan komunikasi di berbagai bidang kajian komunikasiseperti periklanan, komunikasi pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalistik serta komunikasi interpersonal, organisasi dan komunikasi massa. Seminar ditekankan pada pembahasan mengenai aspek aspek teoritis, konseptual dan metodologis, sehingga mahasiswa mampu merancang rencana penelitian bidang komunikasi yang didasari penguasaan metodologi.
6 Creative Design Broadcast MBB 1154 2 Mata kuliah mencakup pengembangan kemampuan: menset-up sebuah television broadcasting, management, television broadcasting, programer, anouncer, produser siaran/programer, pengarah acara, script writter, television broadcasting operator, animator grafis dan gambar, technical shooting dan editing agar menjadi karya komunikasi yang menarik.
7 Community Relations & CSR MBB 1155 2 Mata kuliah Community Relations & Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pengembangan dari bidang Public Relations yang fokus pada permasalahan komunitas yang ada di sekitar perusahaan. Memahami bagaimana program-program CSR dibuat, dikaji, dan dilaksanakan hingga aspek evaluasi yang harus dilakukan oleh seorang PR Officer.
8 Keprotokolan MBB 1156 2 Mata kuliah ini memberikan pemahamantentang definisi keprotokolan (tata upacara, protokoler, dan susunan tempat acara),materi dan etika performa pengatur kegiatan upacara, landasan dan sumber hukum keprotokolan, ruang lingkup dan tugas protokol, aturan dan syarat petugas protokol, serta unsur-unsur penting dalam protokol upacara.
Semester VIII
1 Skripsi MKK 2457 6 Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dibuat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk dapat lulus setelah sebelumnya dinyatakan bebas teori (141 SKS). Penelitian yang dilakukan harus di ranah Ilmu Komunikasi dengan mencakup proses yang komprehensif di dalamnya, yaitu menyusun proposal, melakukan seminar proposal, melakukan penelitian, menyusun skripsi, melakukan sidang skipsi dan membuat revisi skripsi jika diperlukan.

 

Keterangan :
1 Mata Kuliah Wajib 123 SKS
2 Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan 30 SKS
3 Mata Kuliah Pilihan yang harus diambil 24 SKS
4 Jumlah Mata Kuliah yang Harus Lulus (Wajib + Pilihan) 147 SKS
5 Jumlah Mata Kuliah yang ditawarkan seluruhnya 153 SKS

 

MBB Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
MKB Mata Kuliah Keahlian Berkarya
MPK Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
MKK Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan
MPB Mata Kuliah Perilaku Berkarya