Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial

Visi Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah:

Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan pekerja sosial yang profesional dan kompeten dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan Sosial.

Kata keunggulan mengandung makna bahwa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial STISIPOL Candradimuka memiliki kompetensi, berdaya saing dan kredibel dalam penyelenggaraan pembelajaran di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial, khususnya di bidang pekerja sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Misi Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan Ilmu Kesejahteraan Sosial, khususnya bidang pekerjaan sosial dalam rangka meningkatkan Ilmu Kesejaheraan Sosial.

  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial khususnya dalam bidang pekerjaan sosial dalam rangka meningkatkan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

  3. Menciptakan suasana keilmuan dan masyarakat intelektual dalam bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial.

  4. Mengadakan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan institusi pemerintah maupun swasta secara profesional.

Tujuan Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai materi dan mengaplikasikan ilmu kesejahteraan sosial, khususnya dalam bidang pekerjaan sosial.

  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu kesejahteraan sosial.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pekerjaan sosial dan kesejahteraan sosial.

  4. Menciptakan suasana akademik yang mendukung proses pengembangan ilmu kesejahteraan sosial, khusuya bidang pekerjaan sosial.

  5. Menjalin kerjasama kemitraan yang profesional untuk pengembangan keilmuan serta aplikasinya baik dengan pihak pemerintah maupun swasta.

Nama-Nama Dosen Program Studi Kesejahteraan Sosial

No. Nama Dosen
1 Drs. H. Bangun P.Lubis, M.Si
2 Indah Pusnita, S.Sos., M.Si
3 Djisman T, SH., M.Si
4 Desi Aryani, S.Sos
5 Dra. Yana Mahdiana, MM
6 Lidiawati, M.A
7 Drs. Falex Soeleiman, M.Si
8 Konita Turania, S.Sos., M.Si
9 Elta Dewi Nurhayati, S.Sos., M.Si
10 Rahmi Novianti, S.Sos., M.Si
11 Muslim Ansori, MPS.Sp
12 Ahmad Rivai, A.Ks., MPS.Sp

 

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial

No. Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Deskripsi
Semester I
1 Pengantar Antropologi MBB 1102 3 Membahas kedudukan antropologi sosial dalam antropologi, pokok-pokok antropologi sosial serta scope penelitian antropologi, perkembangan dan pertumbuhan antropologi, kehidupan manusia dan hewan, pengertian ras, kesatuan hidup, sistem religi dan ilmu gaib.
2 Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaaan Sosial MKK 1407 3 Mata kuliah ini membahas pengertian kesejahteraan sosial dalam arti luas dan dalam arti sempit; keterkaitan antara bidang pekerjaan sosial dengan ilmu kesejahteraan sosial; masalah dan isu yang dibahas oleh ilmu kesejahteraan sosial; bidang-bidang kesejahteraan sosial dalam arti luas; serta menjelaskan secara singkat tentang metode-metode intervensi dalam ilmu kesejahteraan sosial dan beberapa usaha-usaha kesejahteraan sosial yang berkembang saat ini. Disamping itu dalam mata kuliah ini dibahas pula secara singkat pengertian dan luas lingkup bahasan tentang negara kesejahteraan serta diskursus-diskursus dalam melakukan usaha kesejahteraan sosial. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar bagi mahasiswa ilmu kesejahteraan sosial guna memahami konsep-konsep dan bahasan yang akan dikaji dalam ilmu kesejahteraan sosial.
3 Pengantar Ilmu Ekonomi MBB1101 3 Dibahas tentang ilmu ekonomi sebagai salah satu ilmu pengetahuan sosial dan manusia sebagai pusat perhatian ilmu ekonomi juga dibahas metode dalam ilmu ekonomi. Sistem ekonomi, analisis keseimbangan, persoalan hubungan fungsional dalam ilmu ekonomi serta bahasan tentang pasar modal, pembagian kerja, dan uang, pendapatan nasional, produksi nasional dan persoalan konjungtur serta inflasi dan deflasi.
4 Pengantar Ilmu Hukum MBB1103 3 Membahas konsep ilmu hukum secara umum, pembagian hukum, sejarah hukum di Indonesia, sumber hukum formal dan material, hukum subjektif dan objektif, hukum positif, teori-teori hukum pendekatan-pendekatan dalam studi ilmu hokum, hukum nasional dan hukum internasional.
5 Pengantar Ilmu Sosiologi MPK1304 3 Memperkenalkan pokok-pokok bahasan sosiologi, konsep dan teori sosiologi serta bagaimana menerapkannya untuk memahami lingkungan sekitar dan masyarakat.
6 Pengantar Ilmu Politik MBB1105 3 Memberikan pokok-pokok dan pemehaman mengenai teori-teori dan konsep-konsep ilmu politik serta bagaimana menerapkan dalam menganalisa kehidupan politik di Indonesia.
7 Filsafat Ilmu Sosial MBB1106 3 Pengertian umum filsafat, pengertian umum filsafat ilmu sosial, perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan lainnya, pembagian filsafat, pengertian dan kegunaan logika, tokoh-tokoh filsafat dunia, filsafat ilmu sosial di Indonesia.
Semester II
1 Pendidikan Agama MPK 2308 2 Meningkatkan iman, hubungan baik manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, hubungan baik manusia dengan manusia dan mahluk sekitarnya, meningkatkan ahlaqul karimah.
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan MPK 2309 2 Mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya selaku warganegara yang berperan aktif menegakkan demokrasi menuju masyarakat madani dan membantu mahasiswa selaku warga negara agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia serta kesadaran berbangsa, benegara dalam menerapkan ilmunya secara bertanggung jawab terhadap kemanusiaan dengan kompetensi menguasai kemampuan berfikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai intelektual yang memiliki wawasan kesadaran benegara, untuk bela negara dengan perilaku cinta tanah air; wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa demi ketahanan nasional; pola pikir, sikap, yang komperhensif integral pada seluruh aspek kehidupan nasional.
3 Bahasa Indonesia MKK 2410 2 Penerapan ejaan yang disempurnakan, tata bahasa, cara-cara pembuatan defenisi, ketepatan pemilihan kata/bentuk kata dalam kalimat, pengungkapan ide dalam kalimat efektif, kesalahan umum kalimat mahasiswa (kalimat terlalu panjang , kalimat belum lengkap, penggunaan kalimat secara berlebihan dalam kalimat dan kerancuan kalimat).
4 Bahasa Inggris MKK 2411 3 Reading and comprehensive, translation di tekankan pada usaha untuk melatih pada kemampuan untuk memterjemahkan bahasa Inggris didalam bahasa Indonesia, gramer (tenses, passive voice, finite-special dan vocabulary).
5 Sistem Sosial Budaya Indonesia MBB 2112 3 Sistem dan Sistem Sosial, Kelompok Sosial di Indonesia (Politik Ekonomi dan Kultural), Kepemimpinan Sosial dan Filsafat Sosial di Indonesia.
6 Studi Kependudukan MKK 2413 3 Pengertian dasar kependudukan, Teori-teori kependudukan, Konsekuensiknsekuensi pertumbuhan penduduk, Kebijakan kependudukan dan keluarga berencana, Aspek kesejahteraan sosial dalam program kependudukan dan keluarga berencana.
7 Psikologi Pekerjaan Sosial MKK 2414 3 Membahas tentang sejarah, pengertian konsep dan ruang lingkup psikologi pekerjaan social seperti; teori kepribadian serta gejala-gejala kesadaran juga konsep penyesuaian diri setiap individu dan mengkaitkannya dengan praktik pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial serta aliran-aliran dan penggunaan metode dalam psikologi sosial, hubungan dengan disiplin ilmu lain terutama dengan Sosiologi dan Antropologi, tingkah laku manusia dalam situasi sosial dan dinamika kelompok, serta faktor penentunya.
8 Komunikasi Pekerjaan Sosial MKK 2415 3 Pengertian konsep-konsep dalam teori komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, unsur-unsur komunikasi, bentuk-Bentuk komunikasi, komunikasi dan perubahan perilaku, Teori komunikasi dan persuasi, komunikasi individual, komunikasi massa dan sosialisasi massa, fungsi komunikasi dalam praktek pekerjaan sosial.
Semester III
1 Masalah Kemiskinan MKK1416 3 Masalah kemiskinan merupakan bagian dari masalah sosial. Fokus utama dari matakuliah ini mengamati berbagai perilaku dan masalah yang muncul sebagai dampak dari kemiskinan. Dengan menguasai permasalahan sosial tersebut diharapkan membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan masalah kemiskinan.
2 Statistik Sosial MKB 1217 3 Peserta didik mempelajari statistik deskriptif dan inferensial yang diperlukan bagi riset keilmuannya, baik dalam konteks Ilmu Sosial umumnya maupun Hubungan Internasional yang bersifat kuantitatif. Selain itu, peserta didik mempelajari statitsik analitik yang berisi analisis regresi sederhana dan korelasi, path analysis serta SEM yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan eksplanatoris dengan merujukparadigma positivisme dalam konteks Ilmu Sosial.
3 Teori Sosial untuk Kesejahteraan Sosial MKK 1418 3 Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan berbagai teori sosiologi sebagai alat untuk menganalisis permasalahan sosial dalam lingkup ilmu kesejahteraan sosial. Teori sosiologi yang dibahas dalam kuliah ini meliputi teori sosiologi klasik dan modern. Teori sosiologi klasik membahsa pemikiran dari tokoh-tokoh klasik seperti August Comte, Ibnu Khaldum, Emile Durkheim, dan Max Weber. Sedangkan Teori Sosiologi modern membahas pemikiran dari tokoh-tokoh sosiologi modern seperti Talcott Parsons, George Herbert Mead, Irving Goffman dan Peter L. Berger.
4 Metode Penelitian Sosial Kuantitatif MKK 1419 3 Peserta didik mengetahui dan mengenali apa dan bagaimana pendekatan kuantitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial beserta jenis-jenis penelitiannya. Dibahas pula model regresi dasar serta penggunaan statistik sebagai alat analisis dalam riset yang fungsional untuk mengelola aspek kuantitatif dari fenomena internasional, baik berupa data numerik, grafik, maupun persamaan matematis, antara lain melalui metode regresi linear, analisis trend, uji statistik seperti korelasi dan prediksi kuantitatif.
5 Social Case Work MKB 1420 3 Pekerjaan Sosial melaksanakan praktik profesionalnya pada berbagai level kesatuan sosial, baik individu, kelompok maupun masyarakat. Inti praktik Pekerjaan Sosial adalah perubahan perilaku manusia. Metode Pekerjaan Sosial I terutama berurusan dengan teknik-teknik praktik untuk perubahan perilaku individu yang dapat diterapkan baik dalam rangka penyembuhan, maupun lobbying dalam kerangka praktik makro. Dengan demikian, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai metode, teknik, dan pendekatan serta prinsip-prinsip praktik pelayanan individual.
6 Metode Pekerjaan Sosial Industri* MKP 1521 3 Latar belakang, kerangka konseptual, sejarah perkembangan pekerjaan sosial industri, model-model pelayanan sosial di dunia industri, pengembangan masyarakat sekitar daerah industri, tantangan dan dilema pekerjaan sosial industri.
7 Kewirausahaan Sosial MKK 1422 3 Kebijakan Pemerintah tentang penanganan masalah kesejahteraan sosial, Karakteristik Lembaga Pelayanan Pekerjaan Sosial, Pentingnya Kewirausahaan bagi Pekerja Sosial, Pengertian Kewirausahaan, Upaya menumbuhksn kewirausahaan.
8 Ekonomi Kesejahteraan Sosial* MKP 1523 2 Membahas peran pemerintah selaku pembuat dan pelaksana kebijakan di bidang ekonomi dan pengaruhnya terhadap mekanisme pasar. Dibahas pula model-model sistem ekonomi yang relevan saat ini serta kaitannya dengan regulasi. Secara makro dibahas tentang teori elastisitas, biaya transaksi, organisasi bisnis, sosial kapital, dan persaingan sehat.
Semester IV
1 Hubungan Ketenagakerjaan* MKP 2524 2 Memperkenalkan ruang lingkup, peran dan fungsi pekerja sosial di setting industri berserta pengetahuan keterampilan yang dibutuhkan: manajemen sumberdaya manusia dan peran pekerja social industri, masalah-masalah ketenagakerjaan dan peran pekerja sosail pada sektor industri, serta model-model pelayanan pekerja social industri.
2 Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial MKK 2425 3 Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kerangka pemikiran tentang kesejahteraan sosial sebagai suatu sistem. Usaha kesejahteraan sosial dan pelayanan sosial. Mata kuliah ini juga memperkenalkan kebijakan, landasan hukum formal dan program-program usaha kesejahteraan sosial (UKS), khususnya di Indonesia. Beberapa sub-sistem UKS akan dibahas, baik substansinya dan peran pekerja sosial dalam pelayanan sosial.
3 Psikologi Kepribadian* MKP 2526 3 Perilaku manusia individual yang dibentuk melalui interaksi konstitusi dengan lingkungannya, Motif, perasaan, emosi, afeksi, frustasi, dan Mekanisme pertahanan diri, serta berbagai teori tentang kepribadian.
4 Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa MKK 2427 3 Mata kuliah ini memberi pengertian mengenai timbulnya kota-kota, gelaja kota pada umumnya dan masalah-masalahnya serta teori-teori sosiologi yang berhubungan dengan itu. Kemudian memberikan pemahaman dan memperkenalkan masyarakat pedesaan sebagai sistem sosial dalam segala aspek serta masalah-masalah yang dihadapi dalam pembangunan.
5 Praktikum I (mikro) MKK 2428 3 Praktikum Mikro adalah penerapan dari penguasaan teoritis mahasiswa dalam metode Social Case Work dan Social Group Work. Dalam melaksanakan proses penerapan kedua metode tersebut, mahasiswa diberi bekal ketrampilan teknis, pengetahuan dan pelatihan antara lain : teknik interview, teknik listening, teknik lobbying, teknik recording, serta proses analisis dalam assessment dan penyusunan plan of treatment dalam pelayanan mikro.
6 Penelitian Kualitatif Kesejahteraaan Sosial MKK 2429 3 Membahas secara umum pengertian metode, research serta hal-hal yang diperlukan dalam research, langkah-langkah dalam research, metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data hasil research khususnya dalam bidang sosial (pemerintahan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
7 Analisa Dampak Sosial Pembangunan* MKP 2530 3 Membahas tentang berbagai dampak sosial dari pembangunan dan teknologi terhadap sasaran pembangunan. Menalarkan menumbuhkan kepekaan dan tanggap terhadap masalah-masalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari usaha pembangunan khususnya di Indonesia dan negara-negara yang sedang berkembang pada umumnya.
3 Psikologi Kepribadian* MKP 2526 3 Perilaku manusia individual yang dibentuk melalui interaksi konstitusi dengan lingkungannya, Motif, perasaan, emosi, afeksi, frustasi, dan Mekanisme pertahanan diri, serta berbagai teori tentang kepribadian.
4 Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa MKK 2427 3 Mata kuliah ini memberi pengertian mengenai timbulnya kota-kota, gelaja kota pada umumnya dan masalah-masalahnya serta teori-teori sosiologi yang berhubungan dengan itu. Kemudian memberikan pemahaman dan memperkenalkan masyarakat pedesaan sebagai sistem sosial dalam segala aspek serta masalah-masalah yang dihadapi dalam pembangunan.
5 Praktikum I (mikro) MKK 2428 3 Praktikum Mikro adalah penerapan dari penguasaan teoritis mahasiswa dalam metode Social Case Work dan Social Group Work. Dalam melaksanakan proses penerapan kedua metode tersebut, mahasiswa diberi bekal ketrampilan teknis, pengetahuan dan pelatihan antara lain : teknik interview, teknik listening, teknik lobbying, teknik recording, serta proses analisis dalam assessment dan penyusunan plan of treatment dalam pelayanan mikro.
6 Penelitian Kualitatif Kesejahteraaan Sosial MKK 2429 3 Membahas secara umum pengertian metode, research serta hal-hal yang diperlukan dalam research, langkah-langkah dalam research, metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data hasil research khususnya dalam bidang sosial (pemerintahan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
7 Analisa Dampak Sosial Pembangunan* MKP 2530 3 Membahas tentang berbagai dampak sosial dari pembangunan dan teknologi terhadap sasaran pembangunan. Menalarkan menumbuhkan kepekaan dan tanggap terhadap masalah-masalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari usaha pembangunan khususnya di Indonesia dan negara-negara yang sedang berkembang pada umumnya.
8 Social Group Work MKB 2231 3 Inti dari praktik Pekerjaan Sosial adalah perubahan perilaku manusia. Upaya memodifikasi perilaku manusia oleh Pekerja Sosial dapat dilakukan melalui kelompok. Dalam Metode Pekerjaan Sosial II dipelajari pengetahuan dan ketrampilan tentang kelompok, intervensi serta dinamika yang terdapat di dalamnya, baik untuk perubahan individu maupun untuk praktik makro. Materi yang diberikan meliputi ruang lingkup dan proses Social Group Work, jenis-jenis kelompok intervensi, team work serta ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengaktifkan kelompok.
Semester V
1 Teori Pekerjaan Sosial MKK 1432 3 Sejarah perkembangan pekerjaan sosial sebagai ilmu dan terapan, dasar teori mikro yang bersumber dari ilmu sosiologi, dasar teori mikro yang bersumber dari psikologi, dasar pengetahuan mikro yang bersumber dari antropologi dan ilmu sosial dan eksakta lainnya, aliran-aliran teori pekerjaan sosial mikro, beberapa teori pekerjaan sosial mikro: the taskcenter model, psychosocial therapy, behavioral therapy, narrative therapy, gestalt therapy.
2 Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kemanusiaan MKK 1433 3 Memahami kerangka pemikiran tentang organisasi dan perspektif manajemen dalam Pekerjaan sosial/kesejahteraan, Organisasi Pelayanan Kemanusiaan, Perencanan Program, Manajemen Organisasi, Manajemen Keuangan dan Budgeting, Manajemen SDM, Manajemen Sistem Informasi dan Monitoring dan Evaluasi serta mampu menganalisis kinerja Organisasi Pelayanan Kemanusiaan.
3 Penyalahgunaan Obat dan Penanggulanganny* MKP 1534 3 Mata kuliah ini mengidentifikasi, menganalisa penyalagunaan obat/narkotika sebagai salah satu masalah sosial, cara-cara penanggulangan dan pembinaan lanjut.
4 Kebijakan & Perencanaan Sosial MKB 1235 3 Mata kuliah ini memperkenalkan konsep, analisa kebijakan sosial, mengkaji kebijakan sosial dan dasar-dasar rancangan program pelayanan sosial, khususnya di Indonesia, serta perencanaan sosial sebagai bagian yang terintegrasi dalam pembangunan Indonesia. Ruang lingkup pembahasaan mencakup metodologi, proses, evaluasi dan kajian kasus-kasus program pembangunan sosial yang efektif.
5 Intervensi Mikro MKK 1436 3 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pendekatan, strategi dan teknik intervensi mikro terhadap individu, keluarga, atau kelompok. Mata kuliah ini adalah pendalaman mata kuliah metode intervensi sosial yang menekankan pada latihan-latihan dalam meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menangani masalah (konseling) pada tingkat mikro.
6 Filsafat & Etika Pekerjaan Sosial MPK 1337 3 Pengertian konsep-konsep Filasafat dan Etika Pekerjaan Sosial, Filsafat pekerjaan Sosial, Sistem nilai dalam pekerjaan sosial, Kode etik pekerjaan sosial.
7 Masalah Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial* MKP 1538 2 Mata kuliah ini membahas konsep-konsep, teori-teori serta isu-isu dibidang kesehatan yang terkait dengan bidang kesejahteraan sosial, yang dapat digunakan untuk menganalisis dan menyusun rencana intervensi social di bidang keseahtan. Kuliah ini juga akan memberikan pemahaman tentang peran pekerja sosial dalam bidang kesejahteraan.
8 Penelitian Kesejahteraan Sosial MKK 1439 3 Mata kuliah memberikan ketrampilan tentang cara-cara untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan suatu program, kemudian menentukan apa sebab hal itu terjadi demikian.
Semester VI
1 Ekologi Sosial MKK 2440 3 Ekologi Sosial adalah salah satu cabang ilmu sosiologi yang menggali latar belakang alam buatan dan kehidupan masyarakat. Sasaran telaah adalah masyarakat manusia. Ekologi Sosial menelaah pengaruh lingkungan alam atas masyarakat yang utama adalah proses adaptasi dan vice versa. Dalam mata kuliah ini juga dipelajari pengaruh lingkungan atas manusia secara sistematik dan pengertian dan konsep-konsep ekologi dan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Analisis Dampak Sosial (ADS) dalam kegiatan pembangunan.
2 Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial MKK 2441 3 Mata kuliah ini membahas pengaruh timbal balik antara sistem sosial dan tingka laku manusia. Materi kuliah ini berisi pemahaman tentang tahap-tahap perkembangan manusai dalam rentang kehidupannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tahap-tahap perkembangan tersebut dilihat dari aspek biologis, psikologis dan sosial. Disamping itu kuliah ini juga mengembangkan kemampuan menganalisa tingkah laku manusia dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial.
3 Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat (COCG) MKB 2242 3 Mata kuliah ini membahas:  Kerangka pemikiran serta prinsip pengorganisasian masyarakat. Kerangka pemikiran serta prinsip pengembangan masyarakat. Hubungan antara pengorganisasian masyarakat dan pengembangan masyarakat. Pengorganisasian masyarakat/pengembangan masyarakat sebagai salah satu metode intervensi sosial. Kerangka pemikiran mengenai partisipasi masyarakat. Kepemimpinan, strategi dan teknik dalam intervensi sosial. Kerangka pemikiran dan kebijakan tentang pembangunan desa. Program dan kegiatan pembangunan desa.
4 Teori Supervisi dan Konsultasi MPK 2343 3 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan yang komprehensif tentang prinsif-prinsif dasar dan teknik supervisi dan konsultasi, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan peran sebagai supervisor dan konsultasi, baik dalam bidang pekerjaan sosial maupun kelembagaan/organisasi pada umumnya.
5 Kesejahteraan Anak dan Perlindungan Anak MKK 2444 3 Pengertian anak, perkembangan sosial anak, kondisi sosial anak, assessment keberfungsian anak, masalah-masalah anak, model-model pendekatan penanganan anak, model penanganan anak dengan kebutuhan khusus, pelayanan sosial anak melalui badan-badan sosial swasta dan pemerintah, kebijakan kesejahteraan anak.
6 Praktikum II (Makro) MKK 2445 3 Praktik makro merupakan aktivitas keahlian pekerja sosial dalam bekerja bersama masyarakat dan/atau upaya untuk mengubah peraturan dan kebijakan sosial guna peningkatan kualitas hidup masyarakat. Untuk saat ini Pratikum Makro masih dibatasi pada Tahap Assessement hingga Plan of Treatment. Dengan demikian praktikum ini melatihkan kemampuan untuk melakukan sessment secara partisipatif dengan menggunakan teknik social indicator, social area survey, group assessment, serta beberapa teknik partisipatory rural appraisal, dan merancang rencana intervensi pengembangan masyarakat.
7 Pekerjaaan Sosial Fakir Miskin* MKP 2546 3 Mata kuliah ini merupakan aktivitas kemanusiaan yang sejak kelahirannya sekian abad yang lalu, telah memiliki perhatian yang mendalam pada pemberdayaan masyarakat miskin. Prinsip-prinsip pekerjaan sosial, seperti ‘menolong orang agar mampu menolong dirinya sendiri’ (to help people to help them selves), ‘penentuan nasib sendiri’ (self determination), ‘bekerja dengan masyarakat’ (working with people dan bukan ‘bekerja untuk masyarakat’ atau working for people), menunjukkan betapa pekerjaan sosial memiliki komitmen yang kuat terhadap pemberdayaan masyarakat. Betapa pekerjaan sosial merupakan profesi yang populis dan tidak elitis.
8 Psikiatri* MKP 2547 2 Memberikan pengetahuan mengenai struktur kepribadian dan berbagai gangguan mental emosional yang mungkin ditemukan dalam masyarakat.
Semester VII
1 Perundang-undangan Sosial MPK 1348 3 Pengertian perundangan Perundang-undangan sosial merupakan salah satu kelengkapan bagi pelaksanaan usaha-usaha kesejahteraan sosial. Perundang-undangan sosial merupakan dasar hukum dan sekaligus pedoman bagi penyelenggaraan pelayanan social.
2 Analisa Masalah Sosial MKK 1449 3 Membahas teori-teori yang mendasari analisa tentang masalah sosial. Menumbuhkan kemampuan mengadakan pendekatan dalam mengamati masalah social dan cara-cara pemecahan yang mereka tawarkan, juga akan dibahas bebrapa perspektif yang dianggapsangat memepengaruhi kebijaksanaan politik tentang kesejahteraan social seperti misalnya The Welfare State.
3 Praktek Perencanaan Kesejahteraan Sosial MKK 1450 3 Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan stimulasi dalam kelas tentang perancangan program pelayanan social, mulai tahap kebutuhan, menentukan dan menjabarkan sasaran program hingga merumuskan anggaran program. Mata kuliah ini merupakan aplikasi dari irisan beberapa mata ajaran lain yaitu, sistem usaha kesejahteraan sosial, metode intervensi sosial, perundang-undangan sosial, pengorganisasian dan pengembangan masyarakat, perencanaan partisipatori dalam intervensi komunikas, dan kebijakan dan perencanaan sosial. Kolaborasi ini membutuhkan pemahaman yang mencakup bahasan sikap professional sebagai perencana program yang terkait dengan fungsinya sebagai manajer program dan perencana substansi intervensi program. Diharapkan akan diperoleh pengalaman yang dapat langsung diterapkan dalam bidang pekerjaan yang akan dihadapi peserta ajar di masa yang akan datang.
4 Rehabilitasi Sosial MKK 1451 3 Dalam perkuliahan ini dibahas pengertian tentang program dan metode pembelajaran dalan rehabilitasi sosial. Inti bahasan meliputi Konsep Keberfungsian Sosial (Social Functioning), Konsep Rehabilitasi Sosial, Metode Bimbingan Sosial Perseorangan dalam Rehabilitasi Sosial, Metode Bimbingan Sosial Kelompok dalam Rehabilitasi Sosial, Metode Bimbingan Sosial Masyarakat dalam Rehabilitasi Sosial, Keterampilan- Keterampilan dalam Praktek Rehabilitasi Sosial, Desain Program Pemecahan Kasus/ Masalah, dan Praktek/ Simulasi pemecahan Kasus/ Masalah.
5 KKL MBB 1152 2 Melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini mahasiswa diharapkan dapat mampu memberikan pengalaman lebih terhadap dunia kerja, sehingga menumbuhkembangkan keterampilan mahasiswa dalam mengasah kemampuan skill individu mereka masing-masing. Bentuk kegiatan KKL ini sifatnya kunjungan dan praktek ke berbagai instansi baik di dalam maupun luar kota.
Semester VIII
1 Seminar Profesi Pekerjaan Sosial MPK 2353 3 Mata kuliah ini memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang profesi di bidang sosial, etika dan norma yang melekat dengan profesi itu serta hal-hal lain yang terkait dengan aktivitas manusia saat menggunakan teknologi informasi secara profesional. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memahami makna profesi dan sikap profesional bagi seorang pekerja di bidang sosial, etika yang harus diperhatikan dalam berprofesi sebagai pekerja di bidang social dan aspek legal formal yang terkait dengan aktivitas di bidang itu.
2 Skripsi MKB 2254 6 Mahasiswa yang memilih jalur skripsi ditugaskan membuat skripsi sebagai suatu syarat penyelesaian studi S1 di Program Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial dibawah bimbingan seorang staf pengajar yang ditunjuk oleh ketua program Sarjana

Keterangan :
1 Mata Kuliah Wajib 134 SKS
2 Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan 23 SKS
3 Mata Kuliah Pilihan yang harus diambil 13 SKS
4 Jumlah Mata Kuliah yang Harus Lulus (Wajib + Pilihan) 147 SKS
5 Jumlah Mata Kuliah yang ditawarkan seluruhnya 157 SKS

 

MBB Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
MKB Mata Kuliah Keahlian Berkarya
MPK Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
MKK Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan
MKP Mata Kuliah Pilihan